DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

oleh -85 views

WARTAWIDYA.com – DPRD Kabupaten Sukabumi menerima studi banding mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Acara ini berlangsung di Ruang Badan Musyawarah (Bamus) DPRD di Kompleks Perkantoran Jajaway, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat, 19 Juli 2024.

“Tentunya saya secara pribadi dan lembaga merasa senang dan bangga ada dari sebuah kampus universitas yang mau untuk mendalami tentang lembaga legislatif. Ini sesuatu yang baru dilakukan oleh sebuah universitas,” kata Badri Suhendi, Ketua Fraksi Partai Demokrat kepada wartawidya.com pada Sabtu (20/7/2024).

Badri menyebut pembahasan dalam studi banding ini adalah seputar kelembagaan DPRD, termasuk tugas dan fungsi, alat kelengkapan, dan dinamika politik di Kabupaten Sukabumi. “Mereka ada ketertarikan mendalami tentang kelembagaan DPRD karena memang mereka dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM),” ujarnya.

Badri berharap dengan studi banding tersebut para mahasiswa bisa berperan aktif dalam dunia politik. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang fungsi legislatif serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam proses politik dan pembangunan daerah.

“Harapannya agar mereka proaktif dan berperan, sekaligus bisa berkontribusi terhadap persoalan dunia politik karena membangun bangsa, khususnya di Kabupaten Sukabumi, tidak lepas dari peranan politik,” ucapnya.

“Saya punya pemikiran jika para mahasiswa tertarik dan mau terjun ke politik, tentu akan mengubah warna kebijakan. Inovasi-inovasi yang baik karena mereka sudah sarjana dan punya kemampuan secara intelektual yang mumpuni,” tambah Badri.