Membahas Isu Ligkungan, Komisi II DPRD Sukabumi Kunjungi PLTU Pelabuhanratu

oleh -30 views

WARTAWIDYA.com – Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 melakukan kunjungan kerja bersama seluruh mitra kerja perangkat daerah ke PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu, Senin (7/10/2024). Kunjungan kerja membahas sejumlah isu, antara lain penanganan limbah, izin tata ruang, CSR, lingkungan, tenaga kerja, dan lainnya.

Hamzah Gurnita selaku Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi mengatakan, pihak PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu sangat terbuka untuk bekerja sama dalam menangani sejumlah isu tersebut. Pihaknya kemudian berharap awal pertemuan ini, menjadi kolaborasi berkelanjutan untuk periode 2024-2029.

“Alhamdulillah, PLTU sangat welcome terhadap kami. Kami berharap ke depannya bisa bergandeng tangan untuk lima tahun ke depan. Alhamdulillah kita hari ini melakukan kunjungan terkait beberapa seperti limbah CSR dan tenaga kerja,” kata Hamzah

Salah satu isu krusial yang diangkat dalam pertemuan ini adalah penanganan limbah cair panas yang dibuang ke lautan. Hamzah menekankan perlunya solusi yang ramah lingkungan.

“Kami akan mendorong PLTU untuk menyiapkan beberapa alternatif agar penanganan limbah tersebut agar tidak merusak lingkungan,” jelas Hamzah.

Selain itu, terdapat masalah lain ceceran batubara di sepanjang Pantai Patuguran juga kerap menjadi sorotan. “Ke depannya, kami berharap tidak ada lagi ceceran batubara. Kami mengapresiasi PLTU yang telah menerima masukan dan berkomitmen bekerja sama dalam menangani masalah ini agar tidak berdampak buruk pada masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Admin