Diskusikan Pertanian Terintegrasi, Pjs Bupati Bandung Menerima Kunjungan dari Bappenas dan World Bank

oleh -61 views

WARTAWIDYA.com – Dikky Achmad Sidik Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bandung mendapat kunjungan dari tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan World Bank, dalam rangka membahas pertanian teritegrasi di Ruang Rapat di Soreang, Senin, 7 Oktober 2024.

Setelah pembahasan di ruang rapat, Pjs Bupati Bandung didampingi Sekda Kabupaten Bandung Cakra Amiyana dan Kepala DPUTR Zeis Zultaqawa, bersama Bappenas serta World Bank, meninjau langsung ke lokasi pengembangan dan pengelolaan irigasi di Lembaga Perkumpulan Petani Pemakai Air (LP3A) Daerah Irigasi (D.I) Ciherang Kecamatan Cangkuang.

“Kami berharap kunjungan lapangan ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai pentingnya irigasi dalam mendukung sektor pertanian di Kabupaten Bandung,” kata Dikky Achmad Sidik dalam keterangannya.

Kunjungan lapangan ini bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana pengelolaan dan pemanfaatan irigasi dari Bendungan Hantap Ciherang berkontribusi pada ketahanan pangan  daerah.

“Ke depan, kami akan mengumpulkan seluruh kajian-kajian terkait ketahanan pangan, tata ruang lahan pertanian yang akan di-review untuk membahas usulan ke Bappenas dan Word Bank dengan tema pertanian terintegrasi,” jelasnya.

Dalam upaya untuk mewujudkan penyediaan dan pengaturan irigasi yang lebih baik, lanjut Dikky, Pemkab Bandung juga telah mengambil langkah konkret dengan membentuk Komisi Irigasi Kabupaten Bandung melalui Keputusan Bupati Nomor 611/Kep.150-Bapelitbangda/2023.

Pembentukan komisi ini bagian dari upaya Pemkab Bandung untuk menjamin bahwa pengelolaan sumber daya air, terutama irigasi, dapat dilaksanakan dengan lebih efektif, terkoordinasi, dan berkelanjutan.

Terkait hal ini, pihaknya menyadari bahwa kerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk lembaga nasional dan internasional, sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam pengelolaan irigasi yang lebih baik.

“Oleh karena itu, kami menyambut baik kunjungan Bappenas dan World Bank dalam rangka mendukung pengembangan sektor irigasi yang menunjang sektor pertanian di Kabupaten Bandung ini,” pungkas Dikky.

Admin